Headlines News :
Home » » Anjloknya Rupiah Refleksi Buruknya Daya Saing RI

Anjloknya Rupiah Refleksi Buruknya Daya Saing RI

Written By sendadvantage on Selasa, 17 Desember 2013 | 01.02

Anjloknya Rupiah Refleksi Buruknya Daya Saing RI

Ilustrasi. (Foto: Okezone) Ilustrasi. (Foto: Okezone)
JAKARTA - Rupiah menuju titik terendahnya ke Rp12.200 per USD, yang merupakan posisi April 12 tahun silam. Rupiah pun tampaknya akan
bergerak di atas Rp12.000 untuk waktu yang cukup lama.

“Serta ada potensi untuk tes titik terendahnya balik ke Desember 2008 di Rp12.550, atau malah ke November 2008 di posisi Rp13.000,” kata Head of Research KSK Financial Grup, David Cornelis, kepada Okezone, Minggu (15/12/2013).

Pergeseran pola perkembangan ekonomi dan keuangan global telah terjadi, ditandai dengan melambatnya ekonomi negara berkembang karena jatuh terperangkap sebagai negara berpendapatan menengah di saat ekonomi sudah semakin liberal, dan di lain sisi sudah mulai bangkitnya ekonomi negara maju, di samping belum ada kesesuaian antara perilaku mikro dengan fenomena makro.

Secara teoritis (selisih inflasi dan bunga antara Indonesia dan AS), rupiah wajar bila terkoreksi sekitar 6 persen ke level Rp10.350. Adapun pelemahan tahun ini sudah mencapai seperempat nilainya, jauh melemah di atas target APBN-P 2013.Sensitivitasnya pelemahan rupiah 10 persen akan menaikkan inflasi sebesar 0,8 persen.

“Pelemahan rupiah adalah refleksi buruknya agregasi daya saing Indonesia, tercermin dari kurs efektif riil rupiah yang sudah terdepresiasi jauh ke level terendahnya sejak medio 2003,” tambah dia.

Rupiah tertekan oleh defisit seiring naiknya harga minyak dan kaburnya dana asing sebesar Rp15,3 triliun karena makro ekonomi yang kurang menjanjikan, soal tapering dari AS menjadi pengalihan kambing hitam saja. Ada yang lebih krusial dari sekadar tapering, yaitu debt ceiling di Februari 2014 serta kenaikan Fed Funds Rate di 2015. (wdiOkezone)
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Labels

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Fauzan Advantage - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger