Headlines News :
Home » » "Pertamina Hanya Dapat 3% Keuntungan"

"Pertamina Hanya Dapat 3% Keuntungan"

Written By sendadvantage on Selasa, 17 Desember 2013 | 00.57

"Pertamina Hanya Dapat 3% Keuntungan"

Ilustrasi. (Foto: Okezone) Ilustrasi. (Foto: Okezone)
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) terbilang masih mencatatkan pendapatan yang kecil jika dibandingkan dengan Petronas Malaysia. Di mana, Pertamina 95 persen pendapatan diberikan ke negara, sedangkan 5 persen yang didapatkan, adapun 5 persen itu diperuntukkan investasi dan sebagainya.

"Pertamina hanya dapat 5 persen, itu pun dikenakan pajak, jadi yang didapat Pertamina hanya 3 persen," kata Pengamat Energi Darmawan Prasodjo saat acara Pertamina Energi Outlook 2014 di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Senin (16/12/2013).

Dengan kecilnya pendapatan atau modal balik Pertamina tersebut, Darmawan menuturkan jika diakumulasikan belanja modal investasi di sektor hulu migas Pertamina jauh tertinggal dengan Petronas dalam lima sampai sepuluh tahun terakhir.

Darmawan menjelaskan, Petronas dapat unggul dari Pertamina lantaran setiap keuntungan yang didapat Petronas sekitar 70 persen dinikmati oleh Petronas, sedangkan sisanya 30 persen dikembalikan ke negara Malaysia.

"70 persen itu untuk eksplorasi mencari cadangan minyak baru, serta untuk modal akuisisi blok minta baru," tambahnya.

Oleh karena itu, belum maksimalnya pemanfaatan keuntungan yang didapatkan Pertamina, masih menjadi faktor alasan tertinggalnya Pertamina dengan Petronas. "Capex Pertamina hanya USD10 miliar per tahun, kalau Petronas USD96 per tahun, tutupnya.(rez) (wdiOkezone)
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Labels

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Fauzan Advantage - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger